banner1
Girl in a jacket
banner 728x90

Desa Penglipuran: Menyelami Budaya dan Alam Bali yang Otentik

Desa Penglipuran
Foto : maps.google.com/maps/contrib/116645758273679266852

Pulau Bali, yang dikenal sebagai destinasi wisata populer dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, selalu memiliki sesuatu yang lebih mendalam untuk ditawarkan. Salah satu dari sejumlah desa adat yang mempertahankan esensi budaya Bali adalah Desa Penglipuran. Dengan sejarah yang mencapai lebih dari tujuh abad, Penglipuran adalah salah satu desa tertua di Bali, mewakili kekayaan tradisi dan budaya yang masih sangat dijaga dengan erat.

Membongkar Konsep Tri Mandala: Filosofi di Balik Tata Ruang Desa

Salah satu keunikan utama Desa Penglipuran adalah tata ruangnya yang mengikuti konsep Tri Mandala. Konsep ini membagi desa menjadi tiga wilayah utama: Utama Mandala, Madya Mandala, dan Nista Mandala. Filosofi di balik konsep ini mencerminkan hubungan antara manusia, alam, dan Tuhan menurut ajaran Hindu. Utama Mandala adalah bagian terpenting, mewakili tempat ibadah, rumah tinggal tokoh adat, dan elemen-elemen utama dalam tata letak desa. Di tengahnya adalah Madya Mandala, mewakili dunia manusia dan kehidupan sehari-hari. Sedangkan Nista Mandala, yang merupakan halaman depan rumah, mewakili hubungan manusia dengan alam sekitar.

Keindahan Alam: Hutan Bambu dan Ritual Tradisional

Keindahan alam menjadi magnet yang kuat untuk menarik para wisatawan ke Desa Penglipuran. Dikelilingi oleh hutan bambu yang masih alami, desa ini memancarkan aura kedamaian dan keasrian. Hutan bambu ini memberikan pengalaman unik dengan kehijauan dan kerimbunan dedaunannya. Selain itu, desa ini juga sangat kental dengan ritual adat keagamaan, menunjukkan bagaimana tradisi-tradisi dan spiritualitas memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat desa ini.

Prestasi Internasional: Desa Terbersih dan Berkelanjutan

Keistimewaan lain dari Desa Penglipuran adalah gelarnya sebagai desa terbersih di dunia. Pada tahun 2017, desa ini dianugerahi Kalpataru oleh ISTA, sebuah penghargaan yang menegaskan komitmen kuat desa ini untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungannya. Kendaraan bermotor tidak diizinkan masuk ke desa, sebuah kebijakan yang telah membantu menjaga kebersihan dan mendorong udara bersih serta bebas polusi. Transportasi yang digunakan di desa ini adalah sepeda dan berjalan kaki, menciptakan lingkungan yang seimbang dengan alam.

Lokasi dan Aksesibilitas Desa Penglipuran

Desa Penglipuran terletak di Kabupaten Bangli, Bali, berada di tengah pulau yang memudahkan akses dari berbagai penjuru. Meskipun kendaraan bermotor tidak dapat mencapai inti desa, para wisatawan masih dapat menjangkau gerbang desa menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua. Kendaraan ini harus diparkir di luar desa untuk mendukung tujuan menjaga kebersihan dan keaslian desa. Dengan demikian, wisatawan diundang untuk menikmati pesona desa dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda.

Aktivitas Seru di Desa Penglipuran

Jika anda berniat jalan jalan ke bali atau Viaje A Bali dan mengunjungi Desa Penglipuran, Anda dapat mencicipi berbagai aktivitas yang menggugah dan mendalamkan pengalaman mereka:

Desa Penglipuran

1. Belajar Budaya Lokal yang Unik dan Menarik

Pengalaman pertama yang direkomendasikan adalah belajar tentang budaya khas Desa Penglipuran. Para wisatawan dapat melakukan perjalanan keliling desa untuk memahami lebih dalam budaya dan tradisi yang dijunjung tinggi oleh masyarakat desa. Berjalan-jalan di sekitar desa ini sangat menyenangkan dengan udara bersih dan sejuk yang memotivasi untuk menjelajah lebih jauh.

Selain memahami tradisi, wisatawan dapat berpartisipasi dalam kegiatan kerajinan tangan khas desa ini. Sentra wirausaha di desa ini adalah tempat yang tepat untuk belajar dan berlatih menganyam serta membuat kerajinan tangan yang otentik.

2. Bersepeda Keliling Desa Penglipuran dan Hutan Bambu

Selain mendalami budaya, wisatawan juga dapat menikmati pengalaman bersepeda keliling desa. Penyewaan sepeda tersedia di desa, memungkinkan para wisatawan untuk menjelajahi pesona desa sekaligus merasakan keindahan hutan bambu yang mengelilingi desa. Hutan bambu ini memberikan nuansa alami yang mengagumkan dan menawarkan pengalaman menyegarkan bagi para wisatawan.

3. Mengunjungi Karang Memadu: Memahami Kebijakan Unik Desa Penglipuran

Desa Penglipuran memiliki kebijakan yang menarik terkait poligami dan poliandri. Warga desa diwajibkan untuk tidak melakukan poligami atau poliandri. Jika melanggar aturan ini, warga akan dihukum dan ditempatkan di Karang Memadu. Karang Memadu adalah tempat yang diidentifikasi sebagai tempat untuk poligami atau poliandri. Meskipun saat ini tempat ini kosong karena tidak ada warga yang melanggar aturan ini, namun aturan tersebut mencerminkan pentingnya menjaga nilai-nilai sosial dan budaya di desa ini.

4. Menginap di Desa: Memasuki Kehidupan Sehari-hari Masyarakat Lokal

Fasilitas di Desa Penglipuran sangat lengkap, termasuk akomodasi untuk para wisatawan. Selain homestay yang tersedia, para wisatawan juga memiliki kesempatan untuk tinggal bersama masyarakat lokal, menciptakan pengalaman yang lebih otentik. Bagi mereka yang menyukai berkemah, mendirikan tenda di sekitar hutan bambu juga merupakan pilihan yang menarik untuk merasakan sensasi tinggal di desa adat Bali ini.

5. Mencicipi Kuliner Khas Desa Penglipuran: Memanjakan Lidah dengan Rasa Bali yang Otentik

Selain keindahan dan kebersihan, Desa Penglipuran juga menawarkan kuliner khas yang memikat. Wisatawan dapat mencicipi makanan khas seperti Tipat Cantok dan minuman tradisional, Loloh Cemcem. Tipat Cantok adalah hidangan yang terdiri dari ketupat disajikan dengan sayuran rebus yang dilumuri dengan bumbu kacang, menciptakan rasa unik yang khas. Sementara Loloh Cemcem adalah minuman khas yang terbuat dari daun kloncing atau cemcem, memberikan cita rasa segar dan bermanfaat bagi pencernaan.

6. Mengunjungi Tugu Pahlawan Penglipuran: Menghormati Sejarah dan Perjuangan

Tentunya, pengalaman di Desa Penglipuran akan terasa tidak lengkap tanpa mengunjungi Tugu Pahlawan Penglipuran. Tugu ini didirikan untuk memperingati gugurnya Pahlawan Anak Agung Anom Mudita. Tidak hanya sebagai simbol perjuangan pahlawan, tugu ini juga mewakili semangat masyarakat Bangli dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

7. Merayakan Festival Desa: Memeriahkan Tradisi dan Budaya

Desa Penglipuran juga mengadakan festival tahunan yang meriah, biasanya diselenggarakan pada akhir tahun atau sekitar bulan Desember. Festival ini adalah waktu yang tepat bagi wisatawan untuk menyaksikan keberagaman budaya dan tradisi Bali melalui pertunjukan seni yang menarik. Tak hanya itu, upacara adat juga merupakan bagian tak terpisahkan dari festival ini, menghadirkan pengalaman spiritual dan mendalam.

Desa Wisata Penglipuran
Foto : maps.google.com/maps/contrib/113014621544566672028

Kesimpulan: Pengalaman Mendalam di Desa Penglipuran, Bali

Desa Penglipuran bukan hanya sebuah destinasi wisata. Ini adalah pintu gerbang menuju keajaiban budaya dan keindahan alam Bali yang otentik. Dengan menjaga tradisi, memahami nilai-nilai spiritual, dan berkolaborasi dengan wisatawan, Desa Penglipuran membuka diri untuk memberikan pengalaman yang mendalam dan berkesan. Bagi mereka yang ingin memahami Bali dengan lebih baik, dan merasakan keaslian tradisi dan budaya, Desa Penglipuran adalah tujuan yang sangat dianjurkan. Itu adalah perjalanan untuk menyelami keajaiban batin dan jiwa pulau dewata.

Ingin Merasakan Keajaiban Bali Lebih Dekat? Temukan Penginapan Impian Anda!

Jika Anda terinspirasi untuk menjelajahi kecantikan dan keajaiban Desa Penglipuran serta destinasi menakjubkan lain di Bali, tak lupa untuk merencanakan akomodasi yang sempurna selama Anda berada di pulau ini. Bali menyajikan beragam pilihan akomodasi yang memenuhi berbagai kebutuhan wisatawan.

Kunjungi Alojamiento en Bali untuk melihat pilihan terbaik dari berbagai jenis akomodasi di Bali. Temukan hotel-hotel yang sesuai dengan selera dan anggaran Anda, mulai dari villa mewah hingga penginapan yang ramah kantong, yang akan menambahkan kenyamanan dan kegembiraan pada petualangan Anda di pulau Bali.

Tak hanya mempesona dari segi budaya dan alam, Bali juga menawarkan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Segera pilih akomodasi impian Anda dan mulailah perjalanan menakjubkan Anda untuk mengeksplorasi kekayaan dan pesona pulau Bali yang menakjubkan. Jangan lewatkan setiap momen indah yang ditawarkan Bali. Selamat menjalani petualangan luar biasa di Bali! ­čî┤­čîů

5 based on 1 reviews

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *